Warehouse merupakan salah satu bagian penting dari sistem logistik suatu perusahaan. Fungsi utama dari warehouse adalah menyimpan barang-barang yang diperlukan oleh perusahaan atau yang akan dijual kepada pelanggan. Sementara warehousing adalah proses untuk mengelola dan mengatur barang-barang tersebut agar tersusun dengan baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Tipe-Tipe Warehouse
Warehouse dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu private warehouse dan public warehouse. Private warehouse dimiliki oleh perusahaan sendiri dan digunakan untuk keperluan perusahaan tersebut saja. Sedangkan public warehouse dimiliki oleh perusahaan lain dan disewakan kepada perusahaan lain yang membutuhkan tempat penyimpanan barang.
Menjalankan Warehousing
Untuk menjalankan warehousing dengan efektif, perusahaan harus memperhatikan beberapa hal seperti lokasi, ukuran gudang, sistem penyimpanan barang, sistem pengelolaan barang, dan juga fasilitas yang tersedia di dalam gudang. Lokasi warehouse yang strategis akan memudahkan dalam proses pengiriman barang ke pelanggan. Ukuran gudang yang cukup besar juga diperlukan agar dapat menampung barang-barang yang akan disimpan dengan baik. Sistem penyimpanan barang yang tepat juga sangat penting agar barang-barang tersebut tidak rusak atau hilang selama proses penyimpanan.
Warehouse juga harus memiliki sistem pengelolaan barang yang baik, yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola barang-barang yang ada di dalam gudang. Sistem pengelolaan barang ini biasanya menggunakan software yang dapat membantu mencatat setiap barang yang masuk dan keluar dari gudang, serta mengelola stok barang yang ada di dalam gudang. Untuk membantu pengelolaan ini, terdapat sistem Warehouse Management System (WMS) yang dapat diimplementasikan, seperti yang ada di warehouse yang dikelola oleh Samudera Indonesia.
Selain itu, warehousing juga harus memiliki fasilitas yang memadai seperti alat-alat pengangkutan, lift, sistem keamanan, dan lain-lain.
Solusi Warehouse untuk Layanan Logistik
Samudera Indonesia menawarkan solusi optimal dan jangkauan layanan yang komprehensif untuk memenuhi kebutuhan warehouse pelanggan. Kami menyediakan berbagai layanan dengan jalur logistik seperti warehouse atau pergudangan dan pusat distribusi, transportasi darat, depo peti kemas, logistik pihak ketiga, project logistic, dan cold logistics.
Samudera Indonesia memulai bisnis pergudangan sejak tahun 70-an. Perusahaan juga mendirikan unit bisnis yang memiliki spesialisasi menangani kegiatan pergudangan. Layanan pergudangan yang dimiliki Samudera Indonesia mencakup:
- Cold Chain
Layanan fasilitas cold chain logistics merupakan distribusi rantai pasok untuk barang-barang yang membutuhkan perlakuan penyimpanan di suhu tertentu seperti produk pertanian segar, makanan laut, makanan beku, dan produk-produk farmasi. - Pengiriman Kargo
Kami menyediakan angkutan truk dengan semua varian armada untuk pengiriman kargo ke area pelabuhan, kota, dan daerah pelosok. - Penanganan FCL & CY
Kami menyediakan fasilitas lapangan penumpukan kontainer untuk penyimpanan kontainer dan aktivitas penanganan FCL. - Proyek Penanganan Kargo
Kami mendukung aktivitas untuk kargo proyek seperti overweight dan over dimension cargo. - Pusat Distribusi Kargo
Kami menyediakan gudang umum untuk distribusi kargo domestik. - CFS untuk Konsolidasi Ekspor dan Impor
Kami menyediakan gudang untuk kargo LCL (Less Container Load) dan melakukan konsolidasi untuk pengiriman ekspor-impor.
Saat ini Samudera Indonesia memiliki beberapa gudang yang tersebar di berbagai wilayah kota di Indonesia yang siap untuk memenuhi kebutuhan konsolidasi kargo ekspor, dekonsolidasi kargo impor, dan pusat distribusi.
Samudera Indonesia memiliki sertifikasi ISO 9001:2008 yang merupakan standar internasional untuk sistem manajemen mutu yang menjamin kesesuaian proses dan produk terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu. Selain itu, sertifikasi lainnya adalah ISO 14001:2004 menjamin sistem manajemen lingkungan untuk mencegah dan mengurangi pencemaran lingkungan dan OHSAS 18001:2007 menjadi standar internasional untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Ketiga sertifikasi semakin memberikan jaminan kepada pelanggan atas kualitas layanan yang diberikan.