Samudera Indonesia baru saja menyelenggarakan Commercial Summit 2025 selama tiga hari, yang bertempat di Tangerang Selatan. Mengangkat tema “Navigating Growth through Strategic Collaboration“, acara ini menjadi wadah strategis untuk menyatukan visi dan memperkuat kemampuan komersial di bisnis unit Samudera Indonesia. Fokus utama dalam Commercial Summit ini adalah pada pemahaman mendalam mengenai strategi bisnis perusahaan dan nilai pelanggan (customer value).
Summit kali ini dihadiri 60 peserta dari divisi sales di Samudera Indonesia. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk menyelaraskan tujuan komersial sebagai satu kesatuan perusahaan meskipun dari beberapa business unit berbeda.
Tiga Hari Penuh Wawasan
Business Mindset & Product Knowledge
Hari pertama berfokus pada penguatan fondasi bisnis. Peserta menerima materi tentang product knowledge, di mana peserta mendapatkan penjelasan dan pengenalan mendalam tentang services utama Samudera Indonesia, seperti shipping agency, pelabuhan, galangan, perkapalan, kontainer, dan warehouse. Hari pertama ditutup dengan materi strategic business mindset yang bertujuan untuk membangun cara berpikir strategis di dalam lingkungan kerja.
Business Skills & Professional Etiquette
Di pagi hari kedua, diisi dengan 2 materi praktis. Sesi public speaking & business attire mengajarkan cara berbicara di depan publik dengan kredibel serta pentingnya berpenampilan profesional agar membangun kesan kepercayaan. Dilanjutkan dengan sesi negotiation, lobbying, and psychological marketing, peserta diajarkan strategi negosiasi untuk mencapai kesepakatan dengan cara-cara psikologis. Hari kedua ditutup dengan sesi table manner, memberikan bekal etika profesional saat berinteraksi dengan klien di meja makan.
Team Collaboration & Digital Marketing
Sebagai penutup, hari ketiga dibuka dengan sesi seru team building, seperti games dan ice breaking yang berkelompok. Aktivitas ini dirancang untuk memperat hubungan antarpeserta dan mengajarkan pentingnya kerjasama antar lintas unit. Puncak dari Commercial Summit 2025 ditutup dengan dengan materi digital marketing, yang membahas cara memanfaatkan teknologi digital, khususnya kecerdasan buatan (AI), untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan di masa depan.
Melalui Commercial Summit ini, Samudera Indonesia berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia, memastikan tim komersial siap untuk menghadapi tantangan pasar dan menjadi ujung tombak semangat One Samudera.
























